Senin, 20 Desember 2010

Pemasaran

Pertemuan 6



Pemasaran

pengertian pasar secara sempit ialah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli dan jasa. sedangkan pengertian pasar secar luas ialahempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual baran atau jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membeli barang dengan harag tertentu.
pengertian pemasaran menurut Willian J. Stanton adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
adapaun syarat - syarat terjadinya pasar, yaitu :
~ ada tempat untuk berniaga
~ ada barang dan jasa yang akan di perdagangkan
~ terdapat penjual dan pembeli
~ adanya pembeli barang
~ adanya hubunga transaksi jual beli

JENIS - JENIS PASAR :

jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu : pasar nyata dan pasar tidak nyata ( abstrak ).

1. pasar nyata adalah pasar dimana barang - barang yang akan di perjualbelikan dan dapat dibeli oleh pembeli.
contoh : pasar tradisional

2. pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak saling menawar barnag - barang yang akan di jual dan tidak membeli secara langung, tetapi hany dengan menggunakan surat dagangannya saja.
contoh : pasar modal, pasar online.

jenis pasar menurtu cara transaksinya. menurtu cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern :

1. para tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan twae menawar secara langsung.

2. pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang - barang diperjual belikan dengan harag pas dan dengan layanan sendiri.

jenis - jenis pasar menurut jenis barangnya. beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu misalnya pasar hewan, pasar ikan, pasar buah, dll.
jenis - jenis pasar menurut keleluasaan distribusi. menurut keluasaan distribusinya barang yan dijual pasar dapat dibedakan menjadi :
~ pasar lokal
~ pasar daerah
~ pasar nasional
~ pasar internasional

KONSEP - KONSEP INTI PEMASARAN
konsep - konsep inti pemasaran meliputi : kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan. dalam pemasaran terdapat 6 konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran, yatiu :

1. konsep produksi : berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana - mana dan harganya yang realtif murah.

2. konsep produk : mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mtu performasi dan ciri - ciri yang terbaik.

3. konsep penjualan : berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

4. konsep pemasaran : bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta meberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

5. konsep pemasaran sosial
6. konsep pemasaran global


MANAJEMEN PEMASARAN


A. keadaan permintaan dan tugas pasar
secara formal, pasar adalah suatu institusi atau badan yang menjalankan aktivitas jual beli barang dan jasa. pada pasar tersebut produsen dan konsumen bertemu dan berkonunikasi. melalui mekanisme pasar produsen mengajukan penawaran ( supply ) atas produknya dan melalui mekanisme pasar pila konsumen mengajukan permintaan ( demand ).

B. falsafah manajemen pemasaran
manajemn pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. menurut Kotler dan Armstron pemasran adalah analisis, perencanaa, implementasi, dan pengendalian dari program - program yang dirancang untuk mneciptkan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. sedangkan manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan dan di organisasikan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan - kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar aar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.




tujuan sistem pemasaran :
~ memaksimalkan konsumsi
~ memaksimalkan utilitas ( kepuasan ) konsumsi
~ memaksimalkan pilihan
~ memaksimalkan mutu hidup, kualitas, kuantitas, ketersedian, harga, dan lingkungan.
Bauran Pemasaran
Produk,Harga,Saluran Distribusi dan Promosi
Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan. Produk yang ditawarkan tersebut meliputi barang fisik, jasa, orang atau pribadi, tempat, organisasi, dan ide. Produk memiliki 5 tingkatan/level yang terdiri dari: produk utama/inti (core benefit), produk generik, harapan (expected product), produk pelengkap (augmented product), dan produk potensial. Selain tingkatan/level, produk juga memiliki suatu hirarki yang meliputi: need family, produk family, kelas produk (product class), lini produk (product line), tipe produk (product type), merek (brand), dan item. Klasifikasi produk bisa dilakukan atas berbagai macam sudut pandang. Berdasarkan berwujud tidaknya, produk dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok utama, yaitu: (1) barang yang terdiri dari barang tidak tahan lama dan barang tahan lama; dan (2) jasa. Selain berdasarkan daya tahannya, produk umumnya juga diklasifikasikan berdasarkan siapa konsumennya dan untuk apa produk tersebut dikonsumsi. Berdasarkan kriteria ini, produk dapat dibedakan menjadi barang konsumen (consumer’s goods) yang meliputi convenience goods, shopping goods, specialty goods, dan unsought goods; dan barang industri (industrial’s goods) yang meliputi materials and parts, capital items, dan supplies and services.
Harga adalah sejumlah uang yang ditentukan perusahaan berdasarkan kalkulasi biaya yang dikeluarkan seperti biaya produksi atau biaya mendapatkan produk, biaya marketing, biaya operasional, keuntungan yang diinginkan perusahaan dan sesuatu yang lain yang diadakan perusahaan untuk memuaskan keinginan konsumen. Tujuan penetapan harga adalah memaksimalkan penjualan dan penetrasi pasar; mempertahankan kualitas atau diferensiasi pelayanan; mendapatkan atau memaksimalkan keuntungan; mendapatkan atau merebut pangsa pasar; menjaga kelangsungan hidup kegiatan operasional; balik modal ROI / Return On Investment.
Secara garis besar, pendistribusian dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Distribusi barang dibedakan antara saluran untuk memindahkan hak kepemilikan barang, dan saluran untuk memindahkan barang secara fisik. Distribusi fisik adalah segala kegiatan untuk memindahkan barang dalam kuantitas tertentu, ke suatu tempat tertentu, dan dalam jangka waktu tertentu. Fungsi-fungsi dalam distribusi fisik meliputi: transportation, storage dan warehousing, inventory central, material handling, border processing, dan protective packaging.
Salah satu keputusan pemasaran tersulit yang dibadapi oleh perusahaanperusahaan adalah berapa besar yang perlu dibelanjakan untuk promosi. Tedapat empat metode utama digunakan dalam menyusun anggaran promosi. Pertama, metode sesuai kemampuan (affordable method) yaitu menetapkan anggaran promosi berdasarkan kemampuan perusahaan. Promosi berkaitan dengan upaya untuk mengarahkan seseorang agar dapat mengenal produk perusahaan, lalu memahaminya, berubah sikap, menyukai, yakin, kemudian akhirnya membeli dan selalu ingat akan produk tersebut. Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk, serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Secara umum bentuk bentuk promosi memiliki fungsi yang sama, tetapi bentuk-bentuk tersebut dapat dibedakan berdasarkan tugas-tugas khususnya.

pendekatan dalam mempelajaran pemasaran
pemasaran tujuan sistem pemasaran, memaksimumlan mutu hidup termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersedian, dan harga pokok barang. mutu lingkungan fisik dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan serba fungsi dari apa saja kegiatan pokok pemasaran yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading pengumpulan informasi pasar pendeketan serba lembag. dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang. dll. pemasaran pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan serba sistem menyangkut elemen - elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk dan lembaga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar